Satgas Catat Zona Merah Corona Naik Tiga Kali Lipat dalam Sepekan

Rizky Alika
27 April 2021, 18:39
covid-19. zona merah, virus corona, satgas
ANTARA FOTO/Aji Styawan/hp.
Pemeriksaan COVID-19 di salah satu pusat perbelanjaan modern Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (2/6/2020). Satgas Covid-19 mencatat jumlah zona merah corona bertambah pada pekan ketiga April 2021.

Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mencatat ada kenaikan jumlah wilayah yang masuk zona merah atau memiliki kerawanan virus corona tinggi. Pada 25 April, kabupaten/kota yang masuk zona merah mencapai 19 kabupaten/kota, naik tiga kali lipat dalam sepekan.

Kenaikan wilayah zona merah dikontribusikan oleh 14 kabupaten kota yang pindah dari zona oranye menjadi zona merah. Kabupaten/kota tersebut ialah Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bali, dan Kalimantan Selatan.

Advertisement

"Terjadi peningkatan zona merah dari 6 kabupaten/kota menjadi 19 kabupaten/kota," kata Wiku dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (27/4).

Sementara, zona oranye juga melonjak dari 322 kabupaten/kota menjadi 340 kabupaten/kota. Peningkatan ini dikontribusikan oleh 53 kabupaten/kota yang pindah dari zona kuning ke oranye.

Adapun, perpindahan ke zona oranye didominasi oleh 12 kabupaten/kota di Sumatera Utara, 8 kabupaten/kota di Aceh, dan 6 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement