Tes Acak 6.742 Pemudik Lebaran, Sebanyak 4.123 Orang Positif Covid-19

Rizky Alika
10 Mei 2021, 16:10
covid-19, virus corona, mudik, lebaran
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Petugas melakukan swab test antigen kepada pengunjung Rest Area 102 A Tol Cipali, Subang, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021). Pemerintah menemukan lebih dari 4.000 pemudik terinfeksi Covid-19.

Pemerintah menemukan adanya ribuan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran ternyata terinfeksi Covid-19. Dari pemeriksaan acak terhadap sekitar enam ribu pemudik, sebanyak 4.123 orang dinyatakan positif virus corona.

Dari pemudik yang positif itu, sebanyak 1.686 orang menjalankan isolasi mandiri. Selain itu, ada pula 75 orang yang dirawat di rumah sakit. "Jumlah pemudik yang random testing dari 6.742 orang, konfirmasi positif sebanyak 4.123 orang," kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto usai rapat dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (10/5).

Selain itu, aparat keamanan juga menindak kendaraan yang melanggar larangan mudik. Sebanyak 41.097 kendaraan diputar balik dari jalur mudik serta ditemukan 306 travel gelap.

Sebagaimana diketahui, berbagai cara digunakan oleh warga yang nekat mudik. Pada Jumat (7/5) misalnya, personel Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencegat sebuah ambulans yang membawa pemudik melewati Gerbang Tol Cikarang 1, Bekasi, Jawa Barat.

Selain itu, modus truk pengangkut sayur dari Cibitung yang membawa pemudik ke Karawang juga terungkap. Begitu pula sejumlah travel gelap yang ketahuan mengangkut pemudik dipaksa putar balik.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...