Realisasi Vaksinasi Corona Baru 6%, Jokowi: Target Masih Jauh Sekali

Rizky Alika
18 Mei 2021, 12:55
jokowi, covid-19, virus corona, vaksin
Katadata
Presiden Joko Widodo pada Selasa (18/5) mengatakan realisasi vaksinasi Covid-19 RI masih jauh dari target.

Pemerintah terus mendorong vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Presiden Joko Widodo pun mencatat, program vaksinasi pemerintah baru mencapai 23 juta dosis atau sekitar 6% dari target 380 juta dosis.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, total vaksinasi Covid-19 hingga 17 Mei pukul 18.00 WIB mencapai 22,92 juta dosis. Dari jumlah itu, vaksinasi dosis pertama mencapai 13,8 juta dosis dan vaksinasi dosis kedua mencapai 9,09 juta dosis.

Advertisement

"Memang masih jauh sekali," kata Jokowi di PT Unilever Indonesia Tbk Cikarang Utama, Bekasi, Selasa (18/5).

Untuk itu, Jokowi mengapresiasi program vaksinasi mandiri oleh perusahaan swasta atau vaksinasi Gotong Royong. Sebab, program tersebut bisa mempercepat pencapaian target vaksinasi di Tanah Air.

Namun, Jokowi mengatakan pemerintah kesulitan untuk mendapatkan pasokan vaksin Gotong Royong lantaran vaksin tengah diperebutkan oleh 215 negara. Sejauh ini, Indonesia telah mendapatkan 420 ribu dosis vaksin Gotong Royong dari total komitmen 30 juta dosis vaksin. "Mencari vaksin bukan barang mudah," ujar dia.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan telah menetapkan harga dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong. Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement