Vaksin Sinovac Lindungi 94% Tenaga Kesehatan RI dari Infeksi Covid-19

Desy Setyowati
12 Mei 2021, 10:09
Vaksin Sinovac Efektif Melindungi Tenaga Kesehatan RI dari Covid-19
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 AstraZeneca tahap pertama di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, vaksin Covid-19 efektif melindungi tenaga kesehatan Indonesia dari risiko terpapar virus corona. Sedangkan sebagian besar vaksin yang digunakan merupakan buatan Sinovac Biotech Ltd.

Berdasarkan pengamatan terhadap 25.374 petugas kesehatan di Jakarta selama 28 hari sejak menerima dosis kedua, vaksin 100% melindungi mereka dari kematian. Selain itu, 96% dari mereka tidak dirawat inap akibat Covid-19 setelah seminggu divaksin.

Pengamatan itu dilakukan hingga akhir Februari.

Budi menyampaikan, 94% pekerja terlindungi dari infeksi. Namun tidak jelas apakah para pekerja disaring secara seragam untuk mendeteksi pembawa asimtomatik.

"Kami melihat penurunan yang sangat, sangat drastis terkait rawat inap dan kematian di antara pekerja medis,” kata Budi dalam wawancara dengan jurnalis Bloomberg, dikutip Rabu (12/5).

Sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) divaksinasi pada Januari lalu, Indonesia telah memberikan lebih dari 22 juta dosis kepada masyarakat. Sebagian besar merupakan Sinovac.

“Tingkat kemanjuran minimum harus di atas 50%, jadi lebih dari itu,” ujar Budi. “Ini bukan hanya tentang mendapatkan tingkat efikasi tertinggi, tetapi menginokulasi orang dengan cepat.”

Namun, pemerintah mengantisipasi dampak mudik lebaran terhadap penambahan kasus baru Covid-19. Apalagi, 4.123 dari 6.724 pemudik yang dipilih secara acak dan dites, terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...