Eijkman Perkirakan Efikasi Vaksin Covid-19 Merah Putih Capai 85 Persen

Rizky Alika
21 Mei 2021, 17:52
vaksin, covid-19, vaksin merah putih, lbm eijkman
ANTARA FOTO/Siswowidodo/pras.
Kegiatan vaksinasi Covid-19 di balai Kelurahan Munggut, Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (21/5/2021). LBM Eijkman memperkirakan efikasi vaksin Merah Putih mencapai 85%.

Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman beserta sejumlah institusi tengah mengembangkan vaksin Covid-19 buatan dalam negeri, vaksin Merah Putih. Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio memperkirakan, vaksin tersebut memiliki efikasi sebesar 75-85%.

Perhitungan itu dilakukan dengan ukuran serokonversi. Ini artinya, pengukuran dilakukan pada subjek yang tidak memiliki antibodi Covid-19 sebelum diberikan vaksin.

"Ada antibodi respons luar biasa besar. Kalau konversi ke manusia, mungkin minimum di atas 80%, sekitar 75-85%," kata Amin dalam sebuah webinar , Jumat (21/5). Ini artinya, risiko infeksi pada orang yang menerima vaksin akan berkurang sebesar 75-85%.

 Sebagai perbandingan, efikasi vaksin Sinovac di Indonesia mencapai 65,3%, sedangkan AstraZeneca sebesar 76%. Adapun efikasi vaksin merek Sinopharm yang digunakan untuk vaksinasi Gotong Royong sebesar 78%.

Meski begitu, ada sejumlah hal yang bisa memengaruhi efektifitas vaksin, salah satunya ialah mutasi dan varian baru virus Covid-19. Amin mengatakan, beberapa vaksin di Afrika Selatan mengalami penurunan efikasi hingga 20% karena adanya mutasi virus.

Hal yang serupa juga bisa terjadi di Indonesia apabila virus yang menyebar didominasi oleh varian baru. Namun, Eijkman mengatakan siap untuk menyesuaikan vaksin dengan jenis virus yang menular di Tanah Air.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...