Disindir Memuji Diri Sendiri, Megawati: Saya Sudah Kenyang Pujian

Rizky Alika
11 Juni 2021, 17:19
megawati, unhan, profesor, pdip
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP) Megawati Soekarnoputri di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Dalam pengukuhan sebagai profesor Unhan, Jumat (11/6), Megawati menjawab sindiran bahwa ia memuji dirinya sendiri dalam karya ilmiahnya.

Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri disebut-sebut memuji diri sendiri melalui karya ilmiahnya. Merespons tudingan tersebut, Mega mengatakan dirinya sudah tidak membutuhkan pujian.

Mega hari ini dikukuhkan sebagai profesor kehormatan dengan status guru besar tidak tetap oleh Universitas Pertahanan (Unhan). Mega menyusun karya ilmiah berjudul Kepemimpinan Presiden Megawati pada Era Krisis Multidimensi 2001-2004.

Dalam tulisannya, dia menyimpulkan bahwa kepemimpinannya berhasil mengatasi sebagian besar krisis mutlidimensi yang dihadapi Indonesia. Hal tersebut menimbulkan sindiran dari berbagai pihak terutama akademisi. 

"Kalau dipikir saya mau memuji diri (sendiri), mau sok-sokan, lah sudah wareg.... sudah kenyang," kata Mega dalam orasi ilmiah pengukuhan gelar profesor kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI, di Aula Merah Putih Universitas Pertahanan, Sentul, Jumat (11/6).

Bukan tanpa sebab, ia mengatakan telah menjadi anak Presiden Soekarno hingga menjadi mampu memimpin Indonesia ketika dewasa. Mega juga telah diberikan pengawalan secara ketat sejak bayi. "Dulu disebut 'telah lahir putri dari Paduka yang Mulia Ir. Soekarno', terus saya sudah langsung dijaga kan. Masih bayi lho," katanya.

Meski demikian, ia mengatakan, pemimpin bukanlah sosok yang suka melakukan pencitraan semata namun harus langsung bersentuhan dengan rakyat kecil. Mega mengutip pernyataan ahli manajemen dari Stanford University, Jim Collins yang menyebutkan bahwa kepemimpinan strategik harus bisa membangun organisasi.

Selain itu tanggung jawab terbesar seorang pemimpin ialah menghadirkan keadilan sosial. Hal ini jauh lebih penting daripada sekadar popularitas diri. "Itulah tanggung jawab etik dan moral terbesar seorang pemimpin," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...