Jokowi: Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 12-17 Tahun Bisa Dimulai

Rizky Alika
28 Juni 2021, 17:33
jokowi, covid, virus corona
Katadata
Presiden Joko Widodo saat konferensi pers penjelasan PPKM Mikro, Rabu (23/6). Jokowi pada Senin (28/6) mengatakan izin darurat vaksin Sinovac untuk anak usia 12-17 tahun sudah keluar. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization) vaksin Sinovac untuk anak berusia 12-17 tahun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, vaksinasi untuk kelompok usia tersebut dapat dimulai.

"Sinovac yang dinyatakan aman untuk digunakan usia anak 12-17 tahun sehingga vaksinasi untuk anak-anak usia tersebut bisa segera dimulai," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/6).

Advertisement

Menurutnya, penyebaran Covid-19 dapat diatasi dengan upaya bersama. Untuk itu, Jokowi meminta seluruh pihak untuk tidak ragu dalam menerima vaksinasi.

Dalam kesempatan itu, Mantan Wali Kota Solo itu juga mengapreasiasi seluruh pihak yang telah mendukung tercapainya vaksinasi kepada 1,3 juta penduduk. Angka tersebut tercapai pada Sabtu, 26 Juni lalu. "Sehingga lebih cepat dari target 1 juta vaksinasi per hari mulai Juli 2021," kata dia.

Hal tersebut tercapai berkat kerja keras dari Kementerian  Kesehatan, TNI, Polri, pemerintah daerah, Badan Usaha Miik Negara (BUMN) dan pihak swasta yang turut membantu. "Serta masyarakat yang bersedua divaksinasi," ujarnya.

Kepala Negara pun mengingatkan seluruh pihak untuk bekerja keras dalam menjaga target satu juta vaksinasi per hari hingga akhir Juli. Setelah itu, vaksinasi akan ditingkatkan menjadi dua juta dosis per hari pada Agustus 2021.

Sebelumnya BPOM dikabarkan memberikan rekomendasi vaksin Covid-19 merek Sinovac untuk diberikan kepada anak usai 12 sampai 17 tahun. Hal ini termaktub dalam surat BPOM kepada PT Bio Farma (Persero) pada Minggu (27/6).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement