Menkes Sebut Vaksinasi Covid-19 Cetak Rekor 1,3 Juta Dosis Sehari

Ameidyo Daud Nasution
27 Juni 2021, 11:27
vaksinasi, vaksin covid, menkes budi, menkes bgs, target vaksin covid, corona
ANTARA FOTO/Rahmad/rwa.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada guru di Lhokseumawe, Senin (7/6/2021). Menkes Budi Gunadi mengatakan laju vaksinasi Covid-19 mencapai rekor 1,3 juta pada Sabtu (26/6).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklaim target satu juta vaksinasi Covid-19 telah tercapai pada Sabtu (26/6) lalu. Ia menyatakan ada 1,31 juta dosis vaksin yang diberikan kemarin, lebih awal dari target Presiden Joko Widodo yakni awal Juli.

Laju vaksinasi tersebut disumbang oleh operasi satu juta vaksinasi yang digelar Tentara Nasional Indonesia dan Polri. Oleh sebab itu Budi memberikan apresiasi kepada seluruh institusi yang terlibat.

Advertisement

“Terima kasih kepada TNI/Polri, Pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan swasta yang turut membantu,” kata Budi dalam keterangan tertulis Kemenkes yang ditulis Minggu (27/6).

Budi juga menyampaikan hingga kemarin, vaksinasi dosis pertama telah diberikan kepada lebih dari 27 juta orang. Adapun dosis kedua telah diberikan kepada 13 juta orang.

Kemenkes juga telah mengeluarkan beberapa kebijakan demi mempercepat vaksinasi. Selain membuka vaksinasi massal, mereka juga mengeluarkan Surat Edaran yang meminta semua unit pelaksana melakukan vaksinasi tanpa memandang domisili.

Budi lalu mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan vaksinasi ini dengan sebaik-baiknya. “Karena hanya dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan ketat, kita dapat keluar dari pandemi,” katanya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement