PPKM Darurat Akan Berlaku, Bali Batal Dibuka untuk Turis Asing

Rizky Alika
1 Juli 2021, 16:53
ppkm darurat, ppkm mikro darurat, bali, luhut, covid-19
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp.
Petugas Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung menyemprotkan cairan Eco Enzyme dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di kawasan Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (5/6/2021). Pemerintah membatalkan pembukaan Bali untuk turis asing lantaran akan memberlakukan PPKM darurat mulai Sabtu (3/7).

Pemerintah akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro darurat untuk wilayah Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021. Dampaknya, pembukaan Bali untuk wisatawan mancanegara terpaksa dibatalkan.

Koordinator PPKM darurat untuk Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini pemerintah memilih fokus untuk melakukan vaksinasi kepada masyarakat ketimbang membuka pariwisata. Selain itu, mereka juga akan memastikan protokol kesehatan diterapkan secara ketat.

Advertisement

"Tidak mungkin dibuka lagi dengan adanya (varian Covid-19) Delta ini. Jadi kami tidak berpikir ke situ (pembukaan wisata untuk wisman)," kata Luhut dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (7/1).

PPKM Darurat yang diterapkan di Pulau Jawa dan Bali mengikuti kriteria penilaian acuan World Health Organization (WHO) berdasarkan indikator laju penularan dan kapasitas respons.  WHO membagi penilaian ke dalam 4 level, yakni kasus konfirmasi, perawatan rumah sakit, tingkat kematian, serta 3T (testing, tracing, dan treatment).

Saat ini, terdapat 74 Kabupaten/Kota di Pulau Jawa dan Bali yang berada di level 3, dan 48 Kabupaten/Kota yang berada di level 4. Adapun enam daerah di Bali yang akan memberlakukan PPKM darurat adalah Kota Denpasar, Jembrana, Buleleng, Badung, Gianyar, Klungkung, dan Bangli.

“Cakupan pengetatan aktivitas dalam PPKM Darurat ini meliputi banyak hal, baik sektor pekerjaan, kegiatan belajar mengajar, perbelanjaan, fasilitas umum, transportasi umum, dan berbagai aktivitas masyarakat,” ujar Luhut.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement