Skenario Terburuk RI 40 Ribu Corona per Hari: Minta Tolong Negara Lain

Rizky Alika
6 Juli 2021, 12:49
corona, luhut pandjaitan, kasus corona 40 ribu, covid-19, luhut minta bantuan negara lain
Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
Menteri Koordinator Luhut Binsar Pandjaitan pada Selasa (1/12)rapat dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Luhut pada Selasa (6/7) menyampaikan skenario terburuk lonjakan Covid-19.

Pemerintah menyiapkan skenario terburuk dalam menghadapi ledakan kasus Covid-19. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku telah menghitung kemampuan pemerintah menahan lonjakan kasus positif corona mencapai 40 ribu sampai 50 ribu kasus per hari.

Jika kasus melebihi jumlah tersebut, pemerintah bakal meminta bantuan dari negara lain. Beberapa negara yang telah dihubungi antara lain Singapura dan Tiongkok.

Advertisement

“Kalau lebih dari 40 sampai 50 ribu, kami buat skenario untuk meminta tolong dan  (negara lain) sudah mulai di-approach,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Selasa (6/7).

Hingga Senin (5/7) lonjakan kasus Covid-19 sudah mendekati angka 30 ribu. Luhut mengatakan saat ini pasokan obat, oksigen, hingga rumah sakit masih cukup.

Dia telah menghitung skenario pasokan oksigen RI masih bisa mencapai 50 ribu tabung. Begitu pula tambahan tempat tidur di rumah sakit untuk menampung pasien Covid-19. “TNI dan Polri juga telah menggelar rumah sakit darurat di Jakarta dan Surabaya,” katanya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement