Corona Mengganas, Jokowi Sediakan Tempat Isolasi di Rusun Pasar Rumput

Rusun Pasar Rumput bisa menampung 8.010 pasien Covid-19. Jokowi juga memerintahkan kepala daerah terjun ke lapangan mengantisipasi lonjakan corona.
Image title
8 Juli 2021, 05:00
rusun pasar rumput, jokowi, tempat isolasi, rusun isolasi covid, covid-19
Katadata
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan keterangan pers soal PPKM mikro, Rabu (23/6). Jokowi pada Rabu (8/7) mengecek rusun Pasar Rumput yang akan digunakan menampung lonjakan pasien Covid-19.

Presiden Joko Widodo memantau kesiapan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput untuk perawatan pasien Covid-19 pada Rabu (7/7) malam. Kepala Negara mengatakan, Rusun Pasar Rumput bisa menampung 8.010 pasien virus corona.

Dalam peninjauan rusun tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito. Rusun itu dipersiapkan untuk menghadapi lonjakan kasus Covid-19 dan akan digunakan untuk isolasi pasien dengan gejala ringan dan orang tanpa gejala.

"Tower 1 sudah siap dipakai sebanyak 2.060 tempat tidur. Kemudian tower 2 dan 3 sebanyak 5.950 akan siap dalam 2-3 hari ini," kata Jokowi di Rusun Pasar Rumput, Rabu (7/7) malam.

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta para gubernur, bupati, dan wali kota untuk mengatisipasi lonjakan corona dengan memeriksa kondisi lapangan. Selain itu, para pemimpin daerah harus mengontrol kesiapan obat hingga alat kesehatan, seperti tabung oksigen.

Advertisement

"Juga tempat isolasi yang selalu dan harus dipersiapkan," ujar Jokowi. Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mengapresiasi kerja dokter, tenaga kesehatan hingga relawan yang berjuang menangani kasus Covid-19. 

Sebagaimana diketahui, penularan Covid-19 di Indonesia terus mengganas belakangan ini. Bahkan Kementerian Kesehatan kembali melaporkan rekor lonjakan ganda kasus baru dan angka kematian pasien corona pada Rabu (7/7).

Angka kasus baru Covid-19 yang dilaporkan mencapai 34.379 orang. Sedangkan lonjakan angka kematian telah mencapai 1.040 pada hari ini.

Provinsi DKI Jakarta menyumbang lonjakan pasien baru terbanyak yakni 9.366 orang disusul Jawa Barat dengan 8.591 orang. Jawa Tengah berada di bawahnya dengan 3.823 pasien baru.

Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait