Jokowi: RS Wisma Haji Bisa Digunakan Pasien Covid-19 Mulai Besok

Ameidyo Daud Nasution
9 Juli 2021, 16:46
jokowi, rumah sakit, covid
Katadata
Presiden Joko Widodo saat menjelaskan PPKM mikro, Rabu (23/6). Jokowi mengatakan RS Wisma Haji Pondok Gede siap dioperasikan untuk pasien Covid-19, Sabtu (10/7). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Fasilitas perawatan pasien Covid-19 akan bertambah mulai Sabtu (10/7). Presiden Joko Widodo telah meresmikan Wisma Haji Pondok Gede menjadi rumah sakit untuk merawat mereka yang terpapar corona.

Jokowi juga telah meninjau kesiapan fasilitas kesehatan tersebut bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Jumat (9/7). Ia mengatakan saat ini RS tersebut telah dalam kondisi 99% siap dioperasikan.

“Besok pagi, Rumah Sakit Wisma Haji bisa dioperasikan,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, Jumat (9/7).

Beberapa hal yang dicek Presiden antara lain pendingin udara, peralatan kesehatan, hingga pembangunan lift untuk pasien. Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin atas kerja kilat ini.

“Yang telah bekerja keras dalam lima hari untuk menyiapkan konversi rumah sakit ini,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengajak seluruh masyarakat bergabung menjadi relawan Covid-19. Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada dokter, tenaga kesehatan, hingga TNI Polri yang telah bekerja keras di kala pandemi.

“Saya ucapkan terima kasih, tetapi akan lebih bagus jika ada tambahan relawan dari seluruh komponen agar (Covid-19 bisa ditangani sebaik-baiknya,” kata Presiden.

Asrama haji tersebut bisa menampung 900 pasien corona ditambah 50 ICU (Intensive Care Unit) dan 40 HCU (High Care Unit). Selain itu, pemerintah juga menyiapkan tempat isolasi pasien Covid-19 di Rumah Susun (Rusun) Nagrak Cilincing dengan kapasitas 2.273 tempat tidur dan Pasar Rumput yang bisa menampung 3.986 pasien.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...