Jokowi Akan Genjot Vaksinasi Covid di Jabar, Jateng dan Banten

Ameidyo Daud Nasution
18 Juli 2021, 11:39
jokowi, vaksin, covid
Katadata
Presiden Joko Widodo saat konferensi pers PPKM Mikro,m Rabu (23/6). Jokowi pada rapat terbatas tanggal 16 Juli akan fokus memacu vaksinasi di tiga provinsi yang ada di Jawa.

Presiden Joko Widodo meminta Menteri Kesehatan  Budi Gunadi Sadikin menggenjot vaksinasi Covid-19 di tiga provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten. Ini karena rasio pemberian vaksin di tiga wilayah tersebut masih rendah.

Jokowi menyampaikan rasio vaksinasi di Jawa Barat baru mencapai 12 persen, sedangkan rasio serupa di Jawa Tengah dan Banten hanya 14 persen. Padahal pemberian vaksin diperlukan demi mencapai kekebalan kelompok dari Covid-19.

Advertisement

Angka ini terpaut jauh dari DKI Jakarta sebesar 72 persen dan Bali yang telah mencapai 81 persen. Oleh sebab itu Presiden meminta penyuntikan vaksin di tiga wilayah lain segera dipacu.

“Sehingga Jawa bisa masuk herd immunity (kekebalan kelompok) pada Agustus akhir atau paling lambat pertengahan September,” kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Minggu (18/7).

Jokowi secara khusus juga meminta seluruh jajaran pemerintah hingga di tingkat paling bawah menggelontorkan vaksin dengan cepat.  Presiden menyampaikan bahwa Indonesia telah mengantongi 137 dosis vaksin baik jadi maupun bulk.

Adapun jumlah masyarakat yang telah disuntik baru 54 juta. Oleh sebab itu angka ini perlu ditingkatkan lagi. “Maka saya minta pak Menkes, disampaikan kepada organisasi di bawah tidak boleh ada stok, irim dan habiskan,” kata Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement