Masyarakat Bisa Ikut Lomba Virtual HUT RI di Rumah Digital Indonesia

Kegiatan tersebut dapat dikunjungi melalui tautan rumahdigitalindonesia.id. Selain lomba, akan ada konser dan bazar yang digelar secara virtual
Image title
30 Juli 2021, 19:48
virtual, covid, rumah digital indonesia
Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-75 yang digelar pada Senin (17/8) menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pemerintah meluncurkan Rumah Digital Indonesia mulai 1 sampai 31 Agustus 2021 untuk masyarakat merayakan hari kemerdekaan secara virtual.

Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-76 pada 17 agustus mendatang. Untuk merayakan semaraknya perayaan kemerekaan secara virtual di tengah pandemi, maka pemerintah meluncurkan Rumah Digital Indonesia selama satu bulan penuh, yaitu 1-31 Agustus 2021.

Staf Khusus Presiden Putri Indahsari Tanjung mengatakan, Rumah Digital Indonesia akan menjadi wadah untuk merayakan aktivitas kemerdekaan secara daring, mulai dari lomba hingga pertunjukan konser. Kegiatan virtual tersebut dapat dikunjungi melalui tautan rumahdigitalindonesia.id.

"Semangat tahun ini berbeda karena pandemi. Tapi spirit kemerdekaan harus ada. Ketika di rumah saja, teknologi mempertemukan kita," kata Putri Tanjung dalam konferensi pers secara daring, Jumat (30/7).

Sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo, Rumah Digital Indonesia tersebut bakal jadir untuk merayakan kemerdekaan seluruh masyarakat tanpa ada sekat. Rumah tersebut akan mewadahi masyarakat untuk merayakan kemerdekaan dari rumah.

Advertisement

Selain itu akan ada sejumlah aktivitas dan perlombaan virtual di rumah digital tersebut. Beberapa di antaranya adalah lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, dan lainnya.

"Bukan cuma bermain tapi kompetisi, ada papan skor untuk lihat siapa pemenangnya. Pesaingnya bukan tetangga, tapi seluruh Indonesia," kata Putri.

Kemudian, ada ruang seni dan budaya untuk menyaksikan video kreativitas masyarakat, mulai dari menyanyi lagu nasional, lagu daerah, tarian, puisi, drama, dan film pendek. Kemudian, ada dinding puisi yang menampilkan puisi legendaris Iindonesia.

Kemudian, ada pasar lokal untuk melihat bazaar produk UMKM dari 34 provinsi secara virtual. Kategori bazaar meliputi fesyen, kuliner, dekorasi, herbal and spa, dan wastra atau kain tenun lokal.

Kemudian, ada ruang petualangan nusantara yang menampilkan peta interaktif. Ruang itu akan menggambarkan peta Indonesia dengan berbagai informasi, seperti destinasi wisata unggulan, kuliner khas daerah, dan tokoh Indonesia dari daerah.

Selanjutnya, ada ruang komunitas dan literasi digital yang menghadirkan cerita Indonesia, konten video edukatif, dan literasi digital lainnya. Terakhir, ada pula panggung nasional yang menampilkan konser kolaborasi sejumlah seniman, seperti Nadin Amizah,  Yura Yunita, dan lainnya.

"Serta ada upacara detik-detik proklamasi dan hiburan lainnya," ujar Putri.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait