Jokowi: Ekonomi Digital RI akan Jadi yang Terbesar di Asia Tenggara

Safrezi Fitra
13 Juli 2021, 12:56
jokowi, digital, ekonomi digital, e-commerce, fintech, perdagangan digital, jokowi ekonomi digital
Youtube/Seretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan potensi ekonomi digital Indonesia luar biasa besar. Bahkan, menurutnya nilai ekonomi digital Indonesia bisa menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada 2030.

Jokowi mengungkapkan sepanjang tahun lalu, nilai transaksi perdagangan digital Indonesia mencapai Rp 253 triliun. Nilai ini diperkirakan akan meningkat menjadi Rp 330,7 triliun di tahun 2021.

Advertisement

"Nilai ekonomi digital Indonesia diprediksi akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dalam 10 tahun ke depan," kata Jokowi saat membuka Investor Daily Summit secara virtual, Selasa (13/7).

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi juga mengatakan ekonomi digital Indonesia diprediksi tumbuh hingga delapan kali lipat di tahun 2030. Nilainya, dari saat ini Rp 632 triliun, dalam 10 tahun ke depan akan menjadi Rp 4.531 triliun.

"E-commerce akan memerankan peran yang sangat besar, yaitu 34% atau setara dengan Rp1.900 triliun," kata Lutfi saat memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Hilirisasi Ekonomi Digital yang dipimpin Presiden Jokowi, Kamis (10/6).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement