Jokowi: PPKM Level 4 Berlanjut hingga 9 Agustus, Ada Penyesuaian

Rizky Alika
2 Agustus 2021, 19:23
jokowi, ppkm level 4, covid
Katadata
Presiden Joko Widodo saat menjelaskan pelaksanaan PPKM Mikro, Rabu (23/6). Jokowi memutuskan memperpanjang PPKM Level 4 pada Senin (2/8).

Presiden Joko Widodo mengumumkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 pada Senin (2/8). Presiden memutuskan untuk melanjutkan pembatasan tersebut sampai Senin (9/8) mendatang.

Perpanjangan dilakukan dengan melihat beberapa indikator seperti kasus harian Covid-19, kasus aktif, angka kesembuhamnhingga rasio tempat tidur rumah sakit (BOR). Meski demikian, Jokowi akan ada penyesuaian pengaturan aktivitas yang akan dilakukan di tiap daerah.

Advertisement

"Hal teknisnya akan disampaikan Menteri terkait," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, Senin (2/8). 

 Meski tak menyampaikan apa penyesuaian yang dilakukan, Jokowi mengatakan pemerintah tak bisa mengambil kebijakan yang sama dalam durasi panjang. Hal ini demi menyeimbangkan masalah penularan corona dan perekonomian.

"Harus menentukan derajat pembatasan sesuai data hari-hari terakhir agar pilihannya tepat," kata Presiden.

Jokowi mengatakan tiga hal yang menjadi kunci adalah kecepatan vaksinasi, kedisiplinan masyarakat, hingga mendeteksi hingga penanganan kasus positif Covid-19. "Termasuk menjaga BOR, isolasi terpusat, dan menjamin pasokan obat-obatan dan oksigen," kata Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement