PPKM Level 4 Diperpanjang, Luhut Soroti Kasus Covid di Empat Daerah

Ameidyo Daud Nasution
2 Agustus 2021, 21:04
luhut, ppkm level 4, covid
Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
Menteri Koordinator Luhut Binsar Pandjaitan pada Selasa (1/12) meminta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan fasilitas isolasi untuk pasien Covid-19. Pemerintah telah memperpanjang PPKM level 4 hingga 9 agustus mendatang.

Pemerintah telah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 9 Agustus mendatang. Dalam perpanjangan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyoroti empat daerah yang masih menjadi perhatian pemerintah.

Empat daerah ini adalah Bali, Malang raya, Daerah istimewa Yogyakarta, dan Solo Raya. Ini lantaran kasus positif Covid-19, rasio kasus positif, dan angka kematian di wilayah tersebut masih tinggi.

Luhut mengatakan tingginya kematian lantaran masyarakat telat dirawat secara intensif di rumah sakit, “Sehingga saturasi oksigen mereka rata-rata di bawah 90,” kata Luhut dalam konfersnis pers virtual, Senin (2/8).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengatakan perpanjangan PPKM dilakukan dengan penyesuaian di masing-masing daerah. Meski demikian, belum ada penjelasan detail apa saja aktivitas masyarakat yang diubah.

Namun Luhut mengatakan ada 12 Kabupaten dan Kota yang dapat masuk ke PPKM Level 3 serta satu kabupaten masuk PPKM Level 1. Tak hanya itu, ada beberapa daerah yang naik tingkat menjadi pembatasan Level 4.

“Bukan karean peningkatan kasus (positif), namun karena peningkatan kematian,” katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...