Bakal Diumumkan Jokowi Atau Luhut, Bagaimana Kelanjutan PPKM Level 4?

Rizky Alika
2 Agustus 2021, 12:59
ppkm level 4, jokowi, luhut, covid
Youtube/ Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat memperpanjang PPKM level 4 hingga 2 Agustus 2021. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Senin (2/8) mengatakan Jokowi atau Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan akan mengumumkan nasib PPKM Level 4.

Pemerintah telah melakukan rapat terbatas (ratas) terkait Covid-19 pada Senin (2/8). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun mengatakan, keputusan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 akan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo atau Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Budi mengatakan pemerintah telah membahas nasib PPKM level 4 dalam rapat. Namun, belum ada informasi kapan keputusan PPKM level 4 diumumkan.

"Nanti kami serahkan ke Bapak Presiden atau Pak Presiden tugaskan ke Menko lakukan pengumuman itu," kata Budi usai menghadri ratas dengan Jokowi secara virtual, Senin (2/8).

Sebelumnya, Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Alexander K. Ginting mengatakan pelonggaran dan perpanjangan pembatasan sedang dikaji berdasarkan data penularan sepakan belakangan.

“Prinsipnya pengendalian lanjut, vaksinasi ditingkatkan, dan penelusuran kontak harus sesuai target,” kata Alexander kepada Katadata.co.id, Senin (2/8).

Dari data pemerintah, penurunan kasus terus terjadi di Pulau Jawa selama sepekan belakangan. Lonjakan kasus di DKI Jakarta tercatat hanya 2.701 orang pada Minggu (1/8), turun dari 5.3093 dari Minggu (25/7).

Begitu pula kenaikan kasus di Jawa Barat yang turun dari 5.302 pada Minggu (25/7) menjadi 2.769 sepekan kemudian. Tren penurunan kasus juga terlihat di Jawa Tengah dari 5.265 pasien baru pada Minggu pekan lalu menjadi 4.234 kemarin. Begitu pula tambahan kasus di Jawa Timur yang menurun dari 4.763 kasus akhir pekan lalu menjadi 3.671 kasus baru kemarin.

Namun lonjakan kasus terus terjadi di Luar Jawa. Angka pasien baru Covid-19 di Kalimantan Timur terus merangkak dari 1.693 kasus menjadi 1.716 kemarin. Begitu pula kasus di Sumatera Utara yang meningkat dari 1.031 orang akhir pekan lalu menjadi 1.179 orang pada Minggu kemarin.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...