Survei Simulasi Capres: Prabowo Teratas, Ganjar & Anies Bersaing Ketat

Pingit Aria
13 Juni 2021, 20:58
prabowo, ganjar pranowo, anies baswedan, survei capres, survei smrc, pilpres 2024, capres 2024
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/NZ.
Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Rapat tersebut beragendakan pembahasan anggaran dan rencana pembelian alat utama sistem persenjataan atau alutsista yang menelan anggaran hingga Rp1.750 triliun.

Prabowo Subianto masih menjadi kandidat terkuat calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024. Berdasarkan hasil survei simulasi calon presiden yang dibikin Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Ketua Umum Partai Gerindra tersebut mengungguli kandidat lain seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo jika Pilpres digelar sekarang.

Kesimpulan itu merupakan dari hasil survei yang dilakukan terhadap 1.220 responden secara langsung di seluruh Indonesia pada 12-28 Mei lalu. Dalam hasil survei dengan margin of error 3,05% tersebut, Prabowo berada di urutan pertama.

Advertisement

Sementara di posisi kedua dan ketiga ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang bersaing ketat jika pilpres dilakukan sekarang.

"Kami menemukan Prabowo berada di urutan pertama dengan perolehan suara 21,5%. Kemudian Ganjar dan Anies lagi-lagi bersaing ketat, 12,6% untuk Pak Ganjar dan Anies 12%," ujar Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad dalam paparannya, Minggu (13/6).

Ia menambahkan dalam simulasi pilpres tersebut, ada sejumlah opsi jumlah nama yang diajukan kepada responden. Opsi pertama, survei mengajukan 42 nama. Pada opsi kedua ada 15 nama, hingga hanya lima nama pada opsi ketiga.

GANJAR MENCOBA JALUR ROAD BIKE JLNT JAKARTA
GANJAR MENCOBA JALUR ROAD BIKE JLNT JAKARTA (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.)

Dalam opsi 42 nama, selain Prabowo, Ganjar dan Anies, ada nama Sandiaga Uno dengan perolehan suara 5,5%, Ridwan Kamil 4,4%, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 4,3%, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di posisi ketujuh 3,2%, dan di posisi sembilan Megawati Soekarnoputri dengan 2,4% suara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement