Perpanjangan PPKM, Satgas Minta Pemda Tekan Kematian Pasien Covid-19

Rizky Alika
10 Agustus 2021, 19:04
covid-19, kematian, satgas, ppkm
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
\Foto udara suasana pemakaman khusus COVID-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (15/7/2021).

Angka kematian akibat infeksi virus corona terus mengalami peningkatan dalam tiga pekan terakhir. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat, kenaikan rasio kematian (fatality rate) pasien corona secara mingguan pada 8 Agustus lalu mencapai 2,92%.

Laju persentase kematian ini juga berada di atas angka dunia yakni 2,12%. Oleh sebab itu Satgas meminta pemerintah daerah fokus menekan jumlah pasien meninggal pada perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini.

Advertisement

Upaya ini dilakukan dengan memantau ketersediaan tempat tidur, obat-obatan, ventilator, dan alat kesehatan lainnya di setiap rumah sakit rujukan Covid-19. "Koordinasi dengan pemerintah pusat bila membutuhkan bantuan darurat," kata Juru Bicara Satgas, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Selasa (10/8).

Selain itu, penurunan rasio keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Ratio/BOR) mestinya diikuti dengan penurunan kematian. Ini karena turunnya jumlah pasien yang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Di sisi lain, masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah perlu dipantau oleh posko atau Satgas Penanganan Covid-19 daerah. Ketua RT/RW diminta memastikan warganya tidak terlambat ditangani dan tidak isolasi mandiri jika tidak memungkinkan "Sehingga kematian dapat ditekan," kata Wiku.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement