RI Terima 1,5 Juta Vaksin Pfizer, 48 Juta Dosis Lagi Bakal Menyusul

Rizky Alika
19 Agustus 2021, 19:38
pfizer, vaksin, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/hp/cf
Dado Ruvic/Illustration Botol kecil dengan label vaksin penyakit virus korona (COVID-19) Pfizer-BioNTech, AstraZeneca, dan Moderna terlihat dalam foto ilustrasi yang diambil Jumat (19/3/2021).

Indonesia menerima kedatangan 1.560.780 dosis vaksin Covid-19 merek Pfizer pada Kamis (19/8). Di luar itu, masih ada 48,4 juta dosis vaksin asal Amerika Serikat itu yang akan dikirimkan ke Tanah Air.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Kesehatan dengan PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE telah menyepakati kerja sama untuk menyediakan 50 juta dosis vaksin Pfizer (BNT 162b2) sepanjang 2021. Perjanjian ini merupakan bagian dari komitmen global Pfizer dan BioNTech untuk mengatasi pandemi Covid-19.

"Jadi kedatangan Pfizer hari ini 1,5 juta dosis. Diharapkan Indonesia bisa memperoleh 50 juta dosis dari Pfizer," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara daring, Kamis (19/8).

 Budi memastikan, Pfizer tersebut merupakan vaksin pembelian langsung dengan skema business to business (B2B). Selain itu, kedatangan vaksin tersebut merupakan yang pertama di Indonesia. 

Tak hanya Pfizer, Indonesia juga menerima vaksin jadi AstraZeneca sebanyak 567.500 dosis. Vaksin ini juga diperoleh melalui pembelian langsung secara B2B.

Adapun, Indonesia membeli vaksin secara B2B untuk sejumlah jenis vaksin, yaitu Pfizer, Sinovac, AstraZeneca, dan Novavax. Saat ini, pemerintah juga masih menunggu persetujuan U.S. Food and Drug Administration untuk mengirimkan 50 juta dosis vaksin Novavax. "Diharapkan persetujuan keluar dalam waktu singkat ini," kata Budi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...