Jelang PPKM Level 4 Berakhir, Mobilitas Kawasan Permukiman Naik 17%

Rizky Alika
23 Agustus 2021, 17:43
PPKM Level 4, covid-19, mobilitas
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Kendaraan melintas di tempat penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (19/7/2021). Pemerintah masih mempertimbangkan rencana perpanjangan masa PPKM darurat Jawa-Bali yang akan berakhir pada Selasa (20/7/2021). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan berakhir pada Senin (23/8) ini. Saat ini pemerintah sedang membahas nasib perpanjangan pembatasan mobilitas demi menekan penularan Covid-19 itu.

Lalu, bagaimana perubahan mobilitas selama perpanjangan PPKM?

Google Mobility Report pada 17 Agustus mencatat, ada kenaikan mobilitas ke area permukiman sebsar 17% dibandingkan dasar pengukuran. Adapun, dasar pengukuran ialah nilai median untuk hari yang sesuai selama periode 3 Januari-6 Februari 2020.

Selain itu, mobilitas ke tempat supermarket, toko grosir makanan, pasar tradisional, toko makanan khusus, toko obat, dan apotek tumbuh sebesar 10% dibandingkan dasar pengukuran. Sedangkan, mobilitas ke taman meningkat 5%.

Di luar itu, mobilitas retail dan rekreasi seperti restoran, kafe, pusat perbelanjaan, taman hiburan, museum, perpustakaan, dan bioskop turun 14%. Sementara, pusat transportasi umum merosot 44% dan tempat kerja anjlok 64%.

Khusus DKI Jakarta, mobilitas ke area permukiman naik 22% dibandingkan dasar pengukuran. Selebihnya, mobilitas ke toko bahan makanan dan apotek menurun 13%, retail dan rekreasi berkurang 37%, taman menurun 48%, dan pusat transportasi umum menurun 61%.

Di Jawa Barat, mobilitas yang mengalami peningkatan tertinggi ialah taman, yaitu 28% dibandingkan dasar pengukuran. Kenaikan juga terjadi pada mobilitas area permukiman serta toko bahan makanan dan apotek masing-masing 20% dan 19%.

Sedangkan, mobilitas tertinggi di Jawa Tengah ialah taman dan area permukiman yang masing-masing naik 23% dan 16%. Di Jawa Timur, pertumbuhan mobilitas yang paling tinggi terjadi pada toko bahan makanan dan apotek sebesar 16%.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...