Trennya Menurun, Kematian Covid-19 RI Masih di Atas Rata-rata Dunia

Ameidyo Daud Nasution
1 September 2021, 18:03
kematian, covid-19, corona
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas berdiri di area pemakaman korban Covid-19 usai memakamkan jenazah TPU Rorotan, Jakarta Utara, Jumat, (16/7/2021).

Kasus positif Covid-19 di Indonesia terus mengalami tren penurunan. Akan tetapi RI masih memiliki pekerjaan rumah (PR) untuk menurunkan angka kematian pasien corona.

Hal ini lantaran angka kasus kematian pasien Indonesia masih berada di atas rata-rata dunia. Dari data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, hingga 31 Agustus, persentase kasus kematian di Indonesia masih mencapai 3,24% atau di atas rata-rata global sebesar 2,08%.

Sedangkan dari data Kementerian Kesehatan, angka kematian pasien Covid-19 pada bertambah 653 orang pada laporan Rabu (1/9). Jawa Tengah menyumbang lonjakan pasien terbanyak hari ini yakni 162 orang.

"Saya sepakat bahwa kita punya PR angka kematian di atas rata-rata dunia," kata Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Dewi Nur Aisyah, dalam konferensi pers, Rabu (1/9) dikutip dari Antara.

Sedangkan persentase kasus aktif di Indonesia sebesar 5,34% atau di bawah rata-rata dunia yakni 8,56%. Adapun angka kesembuhan pasien Covid-19 RI mencapai 72,1%, lebih tinggi dari angka dunia 69,7%.

Meski angka kematian masih tinggi, namun Dewi mengatakan tren selama dua minggu terakhir mulai menunjukkan penurunan dari rata-rata 1.000 menjadi 700 pasien meninggal per hari. Akan tetapi, ada pula pergeseran rentang usia kematian pasien corona.

"Di bulan Juli, penyumbangnya bukan mereka yang di atas 60 tahun tapi usia 46 sampai 59 tahun," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...