Di Pertemuan G-20, Menkes Paparkan 3 Strategi Cegah Covid-19 Terulang

Ameidyo Daud Nasution
9 September 2021, 13:33
Covid-19, menkes, virus corona, g-20
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin (kanan) bergurau sebelum mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/2/2021). Rapat tersebut membahas arah kebijakan dan strategi pembangunan kesehatan nasional tahun 2021-2024 dan penjelasan terkait garis besar anggaran Kementerian Kesehatan tahun 2021.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menghadiri pertemuan Menkes negara-negara G-20 pada tanggal 5 sampai 6 September di Roma, Italia. Dalam agenda tersebut, Budi sempat menyampaikan tiga pandangannya agar dunia terhindar dari pandemi semacam Covid-19 di masa depan.

Pertama, Budi mengajak seluruh negara berbagi data secara terbuka. Dalam kaitannya dengan Covid-19, Indonesia telah berbagi data genome urutan virus lewat platform Global Initiative on Sharing Avian Influenza Data (GISAID).

Upaya ini perlu diperluas dengan pengawasan terhadap penyakit manusia, hewan, dan tumbuhan. "Kita harus menggunakan data besar, kecerdasan buatan, dan internet of things untuk mengawasi secara holistik perkembangan penyakit," kata Budi dalam pidato tertulisnya yang dibagikan pada Kamis (9/9).

Hal kedua adalah membekali masyarakat agar cepat merespons ancaman kesehatan baik itu yang datang dari manusia, hewan, atau tumbuhan. Hal tersebut juga perlu didukung oleh payung hukum dan edukasi.

"Peran masyarakat yang berinteraksi erat dengan satwa liar penting untuk mencegah dan menahan wabah," katanya.

Ketiga, mewujdukan kebijakan yang jelas dalam mengatasi resistensi antimikroba. Dalam hal ini penting untuk mencari jalan keluar pendanaan untuk mengembangkan antibiotik baru.

"Sangat penting bagi kita mengamankan pendanaan untuk penelitian dalam memerangi ressitensi antimikroba," kata Budi.

Budi mengatakan bahwa Covid-19 menjadi bukti bahwa interaksi manusia dan lingkungan sekitarnya bisa berdampak luas. Data dari Centers for Disease Control and Prevention Ameriak Serikat menunjukkan, penyakit zoonosis alias berasal dari hewan mengakibatkan 2,5 miliar penularan dan 2,7 juta kematian tiap tahun.

Tak hanya itu, 6 dari 10 penyakit menular pada manusia berasal dari hewan. Berikutnya, 3 dari 4 penyakit menular baru juga berasal dari binatang. Oleh sebab itu, penting bagi seluruh negara untuk menciptakan kerja sama di bidang kesehatan yang juga terkait lintas ekosistem.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...