Lima Cara Disiapkan Menyambut Transisi Pandemi ke Epidemi Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
12 September 2021, 14:17
pandemi, vaksin, prokes
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/hp.
Petugas kesehatan melakukan tes swab antigen kepada salah satu karyawan warung kopi (warkop) Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Jumat (28/5/2021). Razia prokes yang digelar sebagai bentuk menindaklanjuti instruksi gubernur tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro sekaligus mengimbau pemilik tempat usaha warkop dan kafe untuk menutup tempat usahanya pada pukul 23.00 WIB dan membuka kembali pada pukul 05.30 WIB sebagai upaya mencegah penyebaran dan penularan COVID-19.

Pemerintah sedang mempersiapkan transisi dari pandemi Covid-19 menjadi epidemi. Ada lima hal yang akan disiapkan agar proses tersebut berjalan sesuai rencana sehingga penularan corona dapat ditekan.

Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan poin pertama adalah menjaga protokol kesehatan terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau 3M. Selain itu pembentukan posko hingga Satgas prokes di fasilitas umum perlu dilakukan.

"Ini harapan saya agar posisi (kasus) yang menurun menjadi transisi," kata Ganip dalam keterangan tertulis, Minggu (12/9) dikutip dari Antara.

 Poin kedua, mempercepat vaksinasi agar kekebalan kelompok segera tercapai. Ketiga, memacu tes di daerah dengan menyediakan minimal satu atau dua laboratorium di tiap kabupaten dan kota.

Keempat, meningkatkan penelusuran kasus positif dengan memperbanyak penelusur (tracer). Targetnya, mampu mencapai rasio 1:15 atau setiap satu kasus akan dilanjutkan memeriksa 15 kontak erat.

Poin kelima adalah menyediakan tempat isolasi terpusat di tiap daerah. Puskesmas juga perlu diperkuat dengan menyediakan tenaga kesehatan dan obat. Pemerintah juga menargetkan setiap kabupaten atau kota memiliki satu rumah sakit rujukan Covid-19.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...