Lima Cara Disiapkan Menyambut Transisi Pandemi ke Epidemi Covid-19

Strategi transisi dari pandemi juga meliputi penguatan tes, penelusuran, dan perawatan pasien.
Ameidyo Daud Nasution
12 September 2021, 14:17
pandemi, vaksin, prokes
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/hp.
Petugas kesehatan melakukan tes swab antigen kepada salah satu karyawan warung kopi (warkop) Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Jumat (28/5/2021). Razia prokes yang digelar sebagai bentuk menindaklanjuti instruksi gubernur tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro sekaligus mengimbau pemilik tempat usaha warkop dan kafe untuk menutup tempat usahanya pada pukul 23.00 WIB dan membuka kembali pada pukul 05.30 WIB sebagai upaya mencegah penyebaran dan penularan COVID-19.

Pemerintah sedang mempersiapkan transisi dari pandemi Covid-19 menjadi epidemi. Ada lima hal yang akan disiapkan agar proses tersebut berjalan sesuai rencana sehingga penularan corona dapat ditekan.

Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan poin pertama adalah menjaga protokol kesehatan terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau 3M. Selain itu pembentukan posko hingga Satgas prokes di fasilitas umum perlu dilakukan.

"Ini harapan saya agar posisi (kasus) yang menurun menjadi transisi," kata Ganip dalam keterangan tertulis, Minggu (12/9) dikutip dari Antara.

 Poin kedua, mempercepat vaksinasi agar kekebalan kelompok segera tercapai. Ketiga, memacu tes di daerah dengan menyediakan minimal satu atau dua laboratorium di tiap kabupaten dan kota.

Advertisement

Keempat, meningkatkan penelusuran kasus positif dengan memperbanyak penelusur (tracer). Targetnya, mampu mencapai rasio 1:15 atau setiap satu kasus akan dilanjutkan memeriksa 15 kontak erat.

Poin kelima adalah menyediakan tempat isolasi terpusat di tiap daerah. Puskesmas juga perlu diperkuat dengan menyediakan tenaga kesehatan dan obat. Pemerintah juga menargetkan setiap kabupaten atau kota memiliki satu rumah sakit rujukan Covid-19.

Presiden Jokowi kembali mengingatkan masyarakat Indonesia untuk belajar hidup berdampingan dengan Covid-19. Alasannya, virus corona asal Wuhan, Tiongkok tersebut tak akan hilang atau musnah dari bumi.

Jokowi mengingatkan kembali pesan yang pernah dia utarakan tahun lalu tersebut saat hari ini meninjau vaksinasi Covid-19 di Yogyakarta. "Kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi dan mulai belajar hidup bersama Covid-19," kata Jokowi di SLB Negeri 1 Yogyakarta, Jumat (10/9).

Sedangkan dari laman Universitas Airlangga, pandemi adalah wabah yang terjadi serentak dan meliputi daerah geografis yang luas. Selain Covid-19, contoh penyakit yang masuk dalam kategori pandemi adalah HIV/AIDS.

Sedangkan epidemi adalah penyakit yang menyebar di suatu negara tertentu. Beberapa contohnya adalah Flu Burung di Indonesia pada 2012, Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) pada 2003, dan Ebola di Republik Demokratik Kongo tahun 2019.

Adapun endemi adalah penyakit yang muncul dan menjadi karakteristik suatu wilayah. Salah satunya adalah Malaria di Papua atau Demam berdarah Dengue di beberapa wilayah RI.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait