Gunungan Bermotif Batik Jadi Logo Pertemuan G20 2022, Ini Maknanya

Cahya Puteri Abdi Rabbi
14 September 2021, 20:43
g20, presidensi g20. luar negeri
Katadata
Logo G-20

Indonesia akan menjadi tuan rumah forum diskusi ekonomi dunia Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan pada 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.  Presidensi G20 RI akan mengambil tema Recover Together, Recover Stronger.

Pada penyelenggaraan G20 tahun depan, Indonesia menggunakan logo dengan motif batik Kawung yang merupakan dari Jawa Tengah. Menteri Luar Negeri Retno Maersudi menjelaskan bahwa motif batik kawung yang digunakan merepresentasikan semangat pemulihan ekonomi secara bersama. Sedangkan dalam lakon pewayangan, gunungan digunakan sebagai pembuka atau penutup suatu babak pertunjukan wayang. 

“Perpaduan gunung dan kawung terlihat sebagai sulur tanaman yang terus tumbuh, ini merupakan representasi semangat pemulihan ekonomi secara bersama,” kata Retno dalam konferensi pers virtual, Selasa (14/9).

 Logo G20 juga menggunakan warna merah putih yang merepresentasikan bendera Indonesia. Adapun lambang pegunungan digambarkan sebagai peran aktif Indonesia dalam membawa dunia memasuki babak baru yaitu pemulihan pasca pandemi secara bersama.

“Dengan logo tersebut, Presidensi Indonesia akan memberikan dampak positif tidak hanya kepada seluruh rakyat Indonesia, tetapi juga bagi dunia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Retno menjelaskan mengenai kondisi situasi dunia pada Tahun 2022. Ia memperkirakan dunia belum sepenuhnya keluar dari pandemi Covid 19. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan bahwa di akhir 2021, negara-negara di dunia dapat melakukan vaksinasi sebanyak 40% dari populasinya dan 70% pada pertengahan 2022 mendatang.

Sementara itu, Dana Moneter Internasional (IMF) memprediksi tren positif pertumbuhan yang diperkirakan mencapai 6%. Tren ini diharapkan akan berlanjut pada tahun depan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...