Indonesia Terima 1,7 Juta Vaksin Pfizer Donasi Amerika Serikat

Ameidyo Daud Nasution
17 September 2021, 11:59
vaksin, pfizer, covid-19, astrazeneca
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/hp/cf
Dado Ruvic/Illustration Botol kecil dengan label vaksin penyakit virus korona (COVID-19) Pfizer-BioNTech, AstraZeneca, dan Moderna terlihat dalam foto ilustrasi yang diambil Jumat (19/3/2021).

Indonesia kembali menerima kiriman vaksin Pfizer dari Amerika Serikat sebanyak 1.755.000 dosis pada Jumat (17/9). Pengiriman Pfizer merupakan bagian dari 4,6 juta dosis tambahan lewat skema dose sharing dengan AS.

Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi mengatakan jumlah vaksin Pfizer dose sharing yang tiba sejak kemarin sampai hari ini mencapai 2,6 juta juta. Sedangkan dua juta sisanya akan datang pada Minggu (19/9) dan Kamis (23/9).

"Kalau ditambahkan dukungan AS berupa vaksin Moderna, maka dose sharing Pemerintah AS akan berjumlah 12,6 juta dosis," kata Retno dalam konferensi pers virtual, Jumat (17/9).

 Tak hanya itu, sebanyak 968.360 dosis vaksin AstraZeneca juga telah tiba kemarin. Vaksin tersebut merupakan dukungan Prancis lewat jalur COVAX.

Ini merupakan tahap kedua dari komitmen pengiriman Prancis sebanyak tiga juta dosis. "Total dose sharing yang sudah diterima dari Prancis adalah 1,3 juta dosis," kata Retno.

Retno mengatakan kedatangan vaksin ini adalah bukti diplomasi RI memberikan manfaat. Dia lalu berterima kasih kepada AS dan Prancis atas komitmen mereka mengirimkan suntikan kekebalan corona.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...