Bioskop Mulai Buka, Sandiaga Berharap Industri Perfilman Segera Pulih

Ameidyo Daud Nasution
3 Oktober 2021, 20:35
bioskop, sandiaga, film, ppkm
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan pidato saat peluncuran Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 di Kemenparekraf, Jakarta, Jumat (28/5/2021). Kemenparekraf meluncurkan program Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 yang bertajuk "Produk Indonesia Untuk Ekonomi Kuat" yang diharapkan dapat memberi kesempatan bagi masyarakat mendapatkan pelatihan kewirausahaan di bidang industri kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap pembukaan bioskop dapat menggerakkan lagi roda ekonomi pelaku industri film. Dia mengatakan bisnis perfilman saat ini mengalami tekanan akibat pandemi Covid-19.

Padahal, industri perfilman merupakan salah satu subsektor yang memberikan kontribusi signifikan kepada negara. Pada 2019, sumbangan film terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) RI mencapai Rp 15 triliun.

“Mudah-mudahan pembukaan bioskop membangkitkan ekosistem bioskop dan film nasional,” kata Sandiaga saat meninjau Bioskop XXI di Pusat Grosir Cililitan, Jakarta, Minggu (3/10) dikutip dari Antara.

Sandiaga mengatakan untuk saat ini sudah ada 1.164 layar yang mulai dibuka lagi. Selain itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menganggarkan Rp 266 miliar untuk membantu industri film.

“Harapannya bisa menggerakkan sektor perfilman dan membuka lapangan kerja,” katanya.

Skema promosi diberikan untuk mempromosikan film Indonesia terpilih yang akan tayang. Pembiayaan tahun ini akan menyasar 40 film panjang atau yang tayang di layar lebar.

bioskop
bioskop (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.)

Skema pembeluan lisensi diberikan bagi pemilik film untuk menggenjot ketersediaan film berkualitas. Adapun skema produksi menyasar komunitas film pendek atau documenter yang ada di daerah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...