Bioskop Kembali Buka, Shopee Rambah Layanan Beli Tiket Nonton Film

Shopee bersaing dengan Gojek hingga Tix.ID dalam menyediakan layanan pembelian tiket menonton film di bioskop. Gojek mencatatkan peningkatan transaksi sejak bioskop kembali beroperasi.
Image title
23 September 2021, 13:26
bioskop, shopee, nonton film, tiket nonton, film, gojek
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Pengunjung melintas di depan jadwal film yang akan diputar di salah satu bioskop di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (4/11/2020).

Pemerintah mengizinkan bioskop kembali beroperasi sejak pekan lalu. Sedangkan Shopee bersaing dengan Gojek hingga Tix.ID dalam menyediakan layanan pembelian tiket menonton film di bioskop.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan, fitur beli tiket nonton film di bioskop itu tersedia sejak Februari. E-commerce asal Singapura ini pun bekerja sama dengan perusahaan jaringan bioskop CGV dalam menyediakan layanan itu.

Layanan beli tiket nonton di bioskop itu bisa diakses lewat menu ‘Pulsa, Tagihan & Hiburan’ pada halaman utama aplikasi Shopee. Pengguna bisa memilih film, lokasi bioskop, dan jadwal tayang melalui aplikasi.

Kemudian, transaksi bisa dilakukan melalui sejumlah metode pembayaran, salah satunya ShopeePay.

"Layanan atau fitur pembelian tiket bioskop secara online di platform Shopee diharapkan memudahkan dan menghemat waktu pengguna," kata Radynal kepada Katadata.co.id, kemarin (22/9).

Namun ia tidak memerinci ada tidaknya peningkatan transaksi pembelian tiket nonton film di bioskop. "Kami hanya berkomitmen untuk memberikan akses berbelanja online yang efektif atas kebutuhan masyarakat Indonesia," katanya.

Pemerintah mengizinkan bioskop kembali beroperasi pada pekan lalu. Izin operasional ini diberikan khusus untuk bioskop di kota-kota yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 3 dan 2.

Sedangkan per minggu ini (21/9), tidak ada daerah di Jawa – Bali yang menerapkan PPKM level 4. Pemerintah pun memutuskan uji coba membuka pusat belanja dan mal untuk anak-anak di bawah 12 tahun, seperti di Jakarta, Bandung dan Semarang.

Meski begitu, pengunjung harus memenuhi beberapa syarat jika ingin menonton film di bioskop yakni berusia di atas 12 tahun, sudah vaksinasi dosis lengkap, serta tidak boleh makan dan minum di dalam studio, serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sejumlah jaringan bioskop seperti CGV, XXI dan Cinepolis pun sudah memulai beroperasi sejak pekan lalu (16/9). CGV memulai pembukaan bioskop di Jakarta terlebih dulu.

Setelah itu, disusul Bandung, Cirebon, Tegal, Depok, Bekasi, Karawang, Cikarang, Yogyakarta, Purwokerto, Jember, Kediri, Palembang, Padang, Pekanbaru, Makkasar, Manado, dan Samarinda.

Sedangkan bioskop XXI mulai beroperasi di Jakarta dan 36 kota lainnya seperti Tangerang, Depok, Bogor, Bekasi, Karawang, Bandung, Ambon, Bengkulu, Cikarang, Cilegon, Cirebon, Denpasar, Mataram, Dumai dan Garut.

Setelah pembukaan sejumlah bioskop, platform penyedia tiket online besutan Gojek, GoTix mencatatkan peningkatan pemesanan tiket. "Sehari sebelum pembukaan dan tiap hari ada kenaikan jumlah pembelian tiket," kata Vice President GoTix and Loket.com Anvid Erdian kepada Katadata.co.id, Senin (20/9).

Namun, ia tidak memerinci besaran peningkatan jumlah pembelian tiket bioskop. Ia hanya menyampaikan bahwa permintaan tiket bioskop diprediksi terus melonjak. "Kami optimistis perkembangan ini merupakan awal yang baik," katanya.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait