Jokowi Bahas Covid-19 hingga Perubahan Iklim dengan Joe Biden

Ameidyo Daud Nasution
2 November 2021, 09:00
jokowi, biden, amerika serikat
Katadata
Presiden Joko Widodo bertemu Presiden AS Joe Biden di Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11) Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11). Keduanya membahas beberapa hal dari penanganan Covid-19 hingga perubahan iklim.

Pertemuan dilakukan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim atau COP26. Jokowi mengatakan Indonesia menghargai kerja sama bidang kesehatan dengan AS selama pandemi. Beberapa contohnya adalah mekanisme dose sharing vaksin, obat, ventilator, hingga alat kesehatan lainnya.

“Presiden juga mengatakan Indonesia tertarik menjadi bagian dari rantai pasok global melalui pembangunan industri kesehatan,” bunyi keterangan laman Sekretariat kabinet, Selasa (2/11).

Jokowi juga mengatakan kepada Biden pentingnya mengembangkan ekonomi hijau. Presiden menyatakan Indonesia bisa menjadi mitra kerja sama yang bisa diandalkan Negeri Abang Sam.

Terkait perubahan iklim, Jokowi menjelaskan komitmen Indonesia kepada Biden. Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan RI telah mampu menurunkan deforestasi dan kebakaran hutan.

Tak hanya itu, Presiden juga akan merehabilitasi 600 ribu hektare dalam tiga tahun ke depan. “Ini akan menjadi konservasi hutan mangrove terbesar di dunia,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...