Bertemu PM Malaysia, Jokowi Bahas Batas Negara hingga Perlindungan TKI

Rizky Alika
10 November 2021, 15:59
jokowi, malaysia, tki
Antara
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri di Istana Bogor, Rabu (10/11). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob di Istana Bogor, Rabu (10/11). Kedua pemimpin membahas sejumlah isu, seperti negosiasi batas negara hingga perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia.

"Dalam pertemuan pertama kami, kami bicara sangat terbuka dan bersahabat," kata Jokowi di Istana Bogor, Rabu (10/11).

Terkait perlindungan WNI, Presiden pun meminta Memorandum of Understanding (MoU) perlindungan tenaga kerja domestik Indonesia dapat segera diselesaikan. Kemudian, Mantan Wali Kota Solo itu meminta izin Community Learning Center di Semenanjung Malaysia bisa diberikan izin sesuai prinsip hak pendidikan bagi seluruh orang.

Selanjutnya, Jokowi ingin kedua negara segera menyelesaikan negosiasi batas negara, baik batas darat dan laut. "Karena ini sudah agak lama progress-nya, kami berharap dalam waktu sesingkat-singkatnya masalah ini bisa segera diselesaikan," ujar dia.

Pada pertemuan itu, Kepala Negara RI juga menyambut baik pemulihan ekonomi kedua negara. Hal ini ditandai dengan peningkatan perdagangan Malaysia Indonesia sebesar 49% pada Januari-Agustus 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Untuk mendukung pemulihan ekonomi, kedua negara sepakat membuat Travel Corridor Arrangement (TCA). "Secara bertahap, kita akan membuka (TCA) satu per satu," ujar dia. Hal lain yang dibahas adalah persoalan Laut China Selatan hingga krisis Myanmar.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...