Kasus Positif Terus Melonjak, Prancis Masuki Gelombang Kelima Covid-19

Rizky Alika
11 November 2021, 11:27
prancis, covid-19, corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Gonzalo Fuente
Seorang perempuan memakai masker pelindung saat penularan virus korona baru sedang terjadi di China saat ia berjalan di lapangan terbuka Trocadero di depan Menara Eiffel di Paris, Prancis, Sabtu (1/2/2020).

Kasus Covid-19 tengah meningkat lagi di sejumlah negara Eropa. Salah satunya Prancis yang saat ini sedang mengalami gelombang kelima penularan virus corona.

Kementerian Kesehatan mencatat 11.883 kasus baru pada hari Rabu (10/11). Jumlah ini mengalami peningkatan persentase dua digit dari minggu ke minggu sejak sekitar pertengahan Oktober.

"Beberapa negara tetangga sudah berada dalam gelombang kelima epidemi Covid-19, apa yang kita alami di Prancis jelas terlihat seperti awal dari gelombang kelima," kata Menteri Kesehatan Prancis Olivier Veran seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (11/11).

Selain Prancis, peningkatan kasus kematian akibat corona tengah terjadi di Rusia. Pada Rabu (10/11), Rusia melaporkan rekor 1.239 kematian akibat corona dalam 24 jam.

Peningkatan kematian itu terjadi setelah sebagian besar wilayah menutup tempat kerja selama seminggu untuk mencegah penularan corona. "Kami tidak dapat mengatakan dengan yakin bahwa situasi telah stabil dan tingkat infeksi menurun," kata Wakil Perdana Menteri Rusia Tatyana Golikova.

Menteri Kesehatan Mikhail Murashko mengatakan kepada parlemen, cadangan oksigen rumah sakit di 12 wilayah Rusia hanya mampu bertahan selama dua hari atau kurang, kecuali jika oksigen diisi ulang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...