Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika dengan Motor Balap Modifikasi

Rizky Alika
12 November 2021, 14:26
Sirkuit mandalika, jokowi, motoGP
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Presiden Joko Widodo (depan) mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 saat mencoba lintasan sirkuit pada acara peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Lombok dalam rangka meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.

Presiden Joko Widodo meresmikan sekaligus menjajal Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11). Selain itu Jokowi juga meresmikan Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok menuju Mandalika sepanjang 17,3 kilometer.

Sirkuit sepanjang 4,3 kilometer ini akan menjadi tuan rumah balap World Superbike (WSBK) pada 19 sampai 21 November dan MotoGP pada Maret 2022.  “Sirkuit ini menggunakan aspal terbaru stone mastic asphalt siap digunakan untuk mendukung event dunia,” kata Jokowi di Mandalika, NTB, Jumat (12/11) dikutip dari Antara.

 Jokowi menjajal sirkuit baru ini dengan motor balap Kawasaki W175 warna hijau yang telah dimodifikasi bergaya bobber.Dalam video akun YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi tampak menghampiri motornya yang sudah terparkir di jalur sirkuit sambil mengenakan helm.

Presiden terlihat memakai jaket dan sarung tangan buatan lokal, yaitu Rabbit and Wheels serta Bellissimo Apparel. Sementara, modifikasi motor bertuliskan R1 tersebut juga digarap bengkel lokal, yaitu Katros Garage.

Di belakang motor Jokowi, terdapat sejumlah pengendara motor lainnya. Beberapa di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua Dewan Penasehat Mandalika Grand Prix Association Prasetyo Edi Marsudi, dan Ketua Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo.

Adapun, Basuki tampak mengendarai motor Honda CBR 250 cc. Sementara, Prasetyo Edi dan Bambang kompak mengenakan motor listrik Gesits.

Selain itu, terdapat pula Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang bertugas sebagai pengibar bendera. "Saya bagian benderanya yang men-start dan mem-finish-kan," kata Erick seperti dikutip dari video pada Instagram @erickthohir.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...