Survei: Kepuasan Publik Atas Kinerja Jokowi Turun Jadi 70%

Ameidyo Daud Nasution
13 November 2021, 17:33
jokowi, survei, y-publica
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menjadi pemimpin upacara hari peringatan pahlawan di TMP Kalibata, Jakarta pada Rabu (10/11).

Lembaga survei Y-Publica hari ini merilis hasil penjaringan opini masyarakat atas kinerja Presiden Joko Widodo. Hasilnya, sebanyak 70,3% responden puas dengan kinerja mantan Wali Kota Solo tersebut.

Angka kepuasan ini sebenarnya turun dari Mei 2021 lalu yakni 80,2%. Adapun persentase responden yang merasa puas atas kerja Jokowi merupakan yang terendah sejak Juli 2020.

Advertisement

Survei dilakukan pada periode 1 sampai 7 November 2021 terhadap 1.200 orang. Data diambil dengan wawancara tatap muka secara multistage random sampling. Adapun tingkat toleransi kesalahan (margin of error) survei ini sebesar plus minus 2,89% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Meski demikian, Y-Publica menyataan kepuasan yang relatif masih tinggi tersebut masih menunjukkan Jokowi dipercaya publik. “Dipercayai dunia sebagai Presidensi G20 dan perubahan iklim, kepuasan publik terhadap Jokowi mencapai 70,3%,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam rilis yang diterima pada Sabtu (13/11).

Rudi berharap dengan angka kepuasan ini, maka pemerintahan Jokowi bisa memanfaatkan dengan memperbaiki ekonomi usai pandemi. Di sisi lain, ancaman gelombang ketiga Covid-19 masih terus menghantui terutama jelang Natal dan Tahun Baru.

Apalagi menurutnya, Jokowi mampu menyeimbangkan masalah kesehatan dan ekonomi. “Indonesia mengalami pemulihan yang lebih cepat dibandingkan negara tetangga,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement