Jokowi Sedih RI Dihormati Negara Lain Tapi Dikerdilkan Warga Sendiri

Rizky Alika
11 November 2021, 14:14
Jokowi, nasdem, politik
BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Presiden Joko Widodo menilai Indonesia merupakan negara besar. Namun, Jokowi menyoroti posisi RI yang dikucilkan warganya sendiri meski dihargai oleh negara lain.

Hal tersebut dikatakan Jokowi dalam Perayaan Hari Ulang Tahun ke-10 Partai Nasional Demokrat Tahun 2021. Kepala Negara mengatakan seluruh warga Indonesia semestinya menghormati negaranya.

"Kita semakin dipandang negara lain, tapi sering di negara sendiri dikerdilkan. Ini yang sering membuat saya sedih," kata Jokowi  di Kampus Akademi Bela Negara, Jakarta, Kamis (11/11).

Jokowi mengklaim Indonesia telah setara dengan negara maju lantaran menjadi negara berkembang pertama yang memegang Presidensi G20 mulai Desember mendatang. Selain itu, RI akan menerima tongkat Ketua ASEAN pada akhir 2022.

Tak hanya itu, Preisden merasa ada kondisi berbeda saat ia menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) COP26 World Leaders Summit di Glasgow beberapa waktu lalu. Saat itu, banyak sekali permintaan bilateral dari negara lain kepada Indonesia.

"Banyak sekali yang secara mendadak, baik waktu saya berdiri dan waktu saya duduk, datang kepada saya. Itu negara-negara besar," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...