Jokowi Lantik Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Dudung Jadi KSAD

Ameidyo Daud Nasution
17 November 2021, 13:53
andika perkasa, panglima tni, jokowi
Biro pers, media, dan informasi Setpres
Presiden Joko Widodo saat melantik Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI pada Rabu (17/11) siang. Foto: Screenshot Youtube Biro Pers Setpres

Presiden Joko Widodo resmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pelantikan Andika dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11).

Selain itu Jokowi juga melantik Panglima Komando Cadangan Strategis Letjen Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).  Prosesi diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pengambilan sumpah jabatan masing-masing pejabat.

 "Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja sebaiknya dan penuh rasa tanggung jawab," kata Jokowi yang diulangi Andika. 

Usai pembacaan sumpah jabatan, pelantikan dilanjutkan dengan penandatangan berita acara pengangkatan sumpah jabatan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Kemudian, Jokowi melakukan penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan tongkat komando kepada menantu AM Hendropriyono itu

 Adapun pelantikan Dudung dilakukan usai Presiden mengambil sumpah Andika. Usai pengambilan sumpah jabatan, Jokowi juga resmi menaikkan jabatan mantan Pangdam Jaya itu sebagai Jenderal bintang empat.

Andika menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto dan akan menjabat sebagai Panglima TNI hingga Desember 2022. Dalam 13 bulan ke depan usianya telah mencapai 58 tahun dan memasuki masa pensiun.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan pemilihan Andika berdasarkan kalkulasi matang, salah satunya memperhitungkan senioritas. Moeldoko juga memastikan, penunjukkan panglima tidak selalu mengikuti tradisi rotasi matra.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...