Profil Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut yang Jadi Calon Pangkostrad

Ameidyo Daud Nasution
17 November 2021, 15:00
Maruli Simanjuntak
ANTARA FOTO/Kurniawan/KH/hp.
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak (kedua kanan) saat berkunjung di desa Fatukanutu, Kabupaten Kupang, NTT,Kamis (4/3/2021).

Presiden Joko Widodo akan melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada siang ini. Bersamaan dengan itu, terjadi pergeseran jabatan di TNI.

Salah satu yang digadang-gadang adalah Mayjen Maruli Simanjuntak sebagai calon Panglima Korps Cadangan Strategis (Pangkostrad). Ia akan menggantikan Letjen Dudung Abdurrachman yang naik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Sumber Katadata.co.id menyebut Mayjen Maruli Simanjuntak jadi kandidat paling kuat sebagai Pangkostrad. Ini tidak terlepas dari modal politiknya. Maruli merupakan menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Selain itu, ia juga pernah menjadi Komandan Paspampres yang membuatnya dekat dengan lingkaran Istana.

Dikutip dari sejumlah sumber, Maruli adalah Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana sejak 2020 lalu.  Sebelum itu, dia menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) sejak 2018.

Alumni Akademi Militer 1992 ini memulai karir di infanteri hingga menjadi Komandan Detasemen Tempur Cakra pada 2002. Detasemen ini merupakan gabungan dari prajurut Kostrad dan Koops Pasukan Khusus (Kopassus).

Tahun 2005, ia ditunjuk sebagai Perwira Bantuan Madya Operasi Kopassus hingga 2008. Karirnya lalu berlanjut di baret merah hingga 2014 menjadi Asisten Operasi Danjen Kopassus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...