Suharyanto Janji BNPB Hadir dalam Waktu Singkat saat Bencana

Rizky Alika
17 November 2021, 17:58
suharyanto, bnpb, tni
tniad.mil.id
Calon kepala BNPB Suharyanto

Presiden Joko Widodo resmi mengangkat Mayjen TNI Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mantan Panglima Kodam Brawijaya itu berjanji BNPB akan hadir dalam waktu singkat.

Jadi, masyarakat yang terdampak bencana bisa segera mendapatkan pertolongan pertama. Menurutnya, hal ini akan menjadi program yang ditonjolkan saat ia menjabat sebagai pimpinan BNPB.

"Saat terjadi bencana, BNPB bisa hadir dalam waktu yang sesingkat-singkatnya untuk membantu masyarakat," kata Suharyanto di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11).

BNPB akan membantu program rehabilitasi dan rekonstruksi bencana. Selain itu, melanjutkan sejumlah program kerja yang sudah dicapai oleh pendahulunya, Ganip Warsito.

BNPB juga akan meningkatkan kesadaran masyarakat, edukasi, dan mitigasi bencana. Apalagi, posisi Indonesia yang tidak terlepas dari bencana. "Sehingga hampir dipastikan selalu bergerak, banyak gempa," katanya.

Presiden Joko Widodo berpesan kepada Suharyanto bahwa saat ini merupakan musim bencana. Beberapa ancaman bencana yang perlu diantisipasi adalah banjir. "Sehingga kami harus segera bekerja," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...