Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Evaluasi Program Kerja

Rizky Alika
17 November 2021, 17:33
andika perkasa, panglima tni, tni
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru Jenderal TNI Andika Perkasa

Presiden Joko Widodo resmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Selanjutnya, Andika akan mengevaluasi sejumlah program kerja pada masa kepemimpinan Hadi Tjahjanto.

Meski demikian, secara umum Andika akan melanjutkan program kerja yang telah ada sesuai amanat Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. "Dari tiap-tiap tugas itu yang perlu mungkin sedikit evaluasi dan perbaikan," kata Andika di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11).

Menantu AM Hendropriyono tersebut berjanji akan melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin. Apalagi jabatan Panglima TNI merupakan kehormatan dan kepercayaan dari Presiden dan DPR.

Andika juga berharap, seluruh prajurit TNI bisa bekerja secara bersama dengan dirinya. "Saya ingin kita menjadi bagian dari keluarga, teman, maupun sanak saudara," ujar dia.

Andika menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto dan akan menjabat sebagai Panglima TNI hingga Desember 2022. Dalam 13 bulan ke depan usianya telah mencapai 58 tahun dan memasuki masa pensiun.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan pemilihan Andika berdasarkan kalkulasi matang, salah satunya memperhitungkan senioritas. Moeldoko juga memastikan penunjukan panglima tidak selalu mengikuti tradisi rotasi matra.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...