Varian Baru Covid-19 Menyebar, Negara Asia-Eropa Perketat Pintu Masuk

Ameidyo Daud Nasution
26 November 2021, 16:42
covid-19, corona, varian corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Edgar Su
Seorang pria memakai masker pelindung berjalan melewati tanda yang diletakkan untuk mengingatkan jarak sosial saat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Marina Bay di Singapura.

Sejumlah negara di Asia dan Eropa kembali memperketat pintu masuknya usai varian baru Covid-19 bernama B.1.1.529 muncul di Afrika Selatan. Mutasi baru ini bahkan telah ditemukan di Botswana hingga Hong Kong.

Dikutip dari Reuters, Singapura dan India telah mengumumkan kontrol perbatasan dengan lebih ketat. Otoritas Singapura akan membatasi kedatangan dari Afrika Selatan dan negara sekitarnya sebagai bentuk pencegahan.

Mereka meniru Inggris yang melarang penerbangan dari Afsel, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Lesotho, dan Eswatini. Pemerintah Negeri Ratu Elizabeth itu juga telah meminta pelancong yang kembali dari negara-negara tersebut untuk menjalani karantina.

Pemerintah pusat India juga mengimbau kepada seluruh negara bagiannya untuk melakukan tes dan menyaring pelancong internasional dari Afrika Selatan dan negara lain yang dianggap berisiko. Jepang juga memperketat kontrol perbatasan bagi Afsel dan lima negara lain di Afrika.

Otoritas Taiwan juga mengatakan para pelancong dari negara-negara Afrika bagian selatan yang "berisiko tinggi" harus masuk ke fasilitas karantina yang dikelola pemerintah selama 14 hari.

Italia juga melarang masuk mereka yang mengunjungi beberapa negara Afrika bagian selatan selama 14 hari terakhir. Jerman juga akan mendeklarasikan Afsel sebagai daerah varian virus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...