Presidensi RI Dimulai, Jokowi Akan Bawa G20 Bantu Negara Berkembang

Rizky Alika
1 Desember 2021, 20:33
G20, presidensi g20, jokowi
Katadata
Presiden Joko Widodo saat pidato selebrasi Presidensi RI di G20, Rabu (1/12). Foto: screenshot Youtube Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Indonesia resmi memegang Presidensi G20 mulai Rabu (1/12). Dalam pidato selebrasi pembukaan Presidensi G20, Presiden Joko Widodo memastikan RI akan memperkuat solidaritas dunia dalam mengatasi perubahan iklim.

Selain itu Presidensi Indonesia akan digunakan untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara-negara berkembang. Selain itu, RI akan berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih adil.

"Indonesia berupaya memperkuat solidaritas dunia mengatasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan," kata Jokowi dalam tayangan video, Rabu (1/12) malam.

Pada Presidensi G20, Indonesia juga menggalang komitmen negara maju untuk membantu negara berkembang. "Negara kaya membantu negara miskin. Kebersamaan adalah jawaban atas masa depan," ujar dia.

Selanjutnya, Indonesia berupaya menghasilkan inisiatif konkret untuk mendorong pemulihan situasi global. Dengan demikian, dunia dapat segera pulih dari dampak pandemi.

Mantan Wali Kota Solo itu ingin masa Presidensi G20 tidak sebatas diisi hal yang bersifat seremonial belaka. "Indonesia mendorong negara G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata," ujarnya.

Adapun, Presidensi G20 Indonesia mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger". Dalam k itu, kepemimpinannya, RI akan fokus mengerjakan penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...