Jokowi Waspadai Tren Kenaikan Kasus Covid-19 di 17 Daerah

Rizky Alika
3 Desember 2021, 16:40
covid-19, jokowi, vaksin
kodam5brw/instagram
Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah saat mengawal kunjungan kerja yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Gresik, Jawa Timur, Okotber 2021.

Kasus Covid-19 di Indonesia tengah berada pada tren penurunan usai puncaknya pada Juli 2021 lalu. Namun Presiden Joko Widodo masih mewaspadai kenaikan kasus virus corona di 17 kabupaten/kota.

Mantan Wali Kota Solo itu meminta, peningkatan kasus perlu segera diantisipasi. Pencegahan juga harus dilakukan walaupun kenaikannya sedikit, yaitu sekitar puluhan kasus per minggu.

Advertisement

"Hati-hati 17 kabupaten/kota di 8 provinsi yang mengalami naik selama 2-3 minggu terakhir ini," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah Tahun 2021 di Badung, Bali, Jumat (3/12).

Bukan tanpa sebab, peningkatan kasus corona bisa berdampak pada berbagai sektor, seperti keamanan, politik, dan ketertiban masyarakat. Oleh sebab itu Kepala Negara meminta, pengetesan dan penelusuran kontak erat untuk diperkuat. Kasus Covid-19 yang ditemui juga perlu segera diisolasi.

Selain itu, cakupan  vaksinasi juga harus ditingkatkan. Oleh sebab itu Presiden meminta jajaran TNI untuk mendorong vaksinasi penuh hingga mencapai 70% dari total populasi penduduk. "Ini masih butuh kerja keras," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement