Gunung Semeru Erupsi Sore Ini, Awan Panas Membubung Tinggi

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa akan meluncur ke Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru
Ameidyo Daud Nasution
4 Desember 2021, 17:08
gunung semeru, gunugn, erupsi
Pexels/Guntur Kresno
Gunung Semeru yang berada di belakang Gunung Bromo

Gunung tertinggi di Pulau Jawa yakni Semeru pada Sabtu (4/12) sore ini mengalami erupsi disertai guguran panas dan hujan abu vulkanik. Dikutip dari Antara, letupan gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut itu membuat dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur gelap gulita.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam Instagramnya juga mengunggah video erupsi gunung tersebut. Dalam video tersebut, terlihat asap dari erupsi Semeru membubung tinggi dan membuat para penduduk lari tunggang langgang.

 

Khofifah lalu meminta masyarakat segera menyelamatkan diri menuju tempat yang lebih aman. Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah baik Jawa Timur dan Kabupaten Lumajang telah meluncur ke lokasi.

Advertisement

“Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insya Allah malam ini saya ke lokasi,” tulis Khofifah dalam akun Instagram khofifah.ip, Sabtu (4/12).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by khofifah indar parawansa (@khofifah.ip)

 

Sedangkan dari data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Semeru saat ini berada dalam status waspada II. Status yang sama juga diberikan kepada Gunung Bromo yang paling dekat berada dari Semeru.

Gunung Semeru bersama Merapi juga sempat erupsi pada 17 Januari 2021 lalu. Tak hanya itu, aktivitas Gunung Sinabung juga meningkat dan sempat memuntahkan lahar pada hari yang sama.

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait