Kasus Baru Covid-19 Indonesia Tambah 106, Terendah Sejak Maret 2020

Ameidyo Daud Nasution
13 Desember 2021, 18:05
Covid-19, virus corona, omicron
Pixabay
Ilustrasi varian Covid-19

Kasus Covid-19 terus menunjukkan tren penurunan memasuki pertengahan Desember 2021. Pemerintah melaporkan jumlah pasien positif hari ini bertambah 106 orang pada Senin (13/12).

Angka ini merupakan yang terendah sejak 25 Maret 2020 silam yakni 105 kasus. Adapun jumlah kasus yang didapatkan hari ini berasal dari pemeriksaan terhadap 177.759 orang.

 

Kasus terbanyak hari ini berasal dari Jawa Barat dengan 17 orang, berikutnya adalah Jakarta yang melaporkan 16 kasus baru. Meski demikian, ada 14 provinsi yang melaporkan nol kasus baru di antaranya Papua, Aceh, Lampung, dan Sulawesi Selatan.

Sedangkan angka kematian pasien corona hari ini juga bertambah 12 orang. Jumlah terbanyak berasal dari Jawa Tengah dan Kepulauan Riau yang masing-masing melaporkan 4 orang meninggal dunia.

Selain itu kasus kematian juga dilaporkan berasal dari Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Banten. Masing-masing provinsi tersebut melaporkan satu orang pasien corona meninggal dunia.

Adapun angka kesembuhan pasien Covid-19 hari ini juga bertambah 278 orang. Jumlah angka pulih terbanyak berasal dari Jawa Barat yang melaporkan 51 pasien sembuh.

Pemerintah juga melaporkan kasus aktif Covid-19 hari ini berkurang 194 menajdi 4.974 orang. Selain itu ada pula 1.118 orang yang dinyatakan sebagai suspek corona.

Meski demikian, Pemerintah terus mengantisipasi penularan Covid-19 varian Omicron ke Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat agar tidak ke luar negeri, kecuali ada keperluan yang sangat penting.

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali itu tidak ingin varian baru corona masuk ke Tanah Air akibat adanya pihak yang tidak disiplin. Ia juga meminta tidak ada upaya melarikan diri dari karantina

"Jangan bawa penyakit ke dalam negeri. Kami tidak ingin Omicron dibawa masuk oleh yang berlibur keluar," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (13/12).


 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait