Jokowi Perintahkan Provinsi Lain Susul Jakarta Kebut Vaksinasi Anak

Rizky Alika
15 Desember 2021, 15:38
jokowi, vaksin, anak
Katadata
Presiden Joko Widodo saat menghadiri vaksinasi anak di Gambir, Jakarta, Rabu (15/12). Foto; capture screen Youtube Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo hari ini meninjau vaksinasi Covid-19 untuk usia 6 sampai 11 tahun di Gambir, Jakarta Pusat. Dalam kunjungan itu, Jokowi berharap pemberian vaksin untuk anak bisa dilakukan di provinsi lain.

Vaksinasi diharapkan bisa melindungi anak-anak dari penularan Covid-19 varian lama hingga varian baru.  Selain itu, ia berharap anak-anak bisa mendapatkan imunisasi untuk penyakit selain corona sesuai dengan ketentuan Kementerian Kesehatan.

"Kami harapkan tidak hanya di Jakarta, di provinsi-provinsi yang lain juga segera memulai vaksinasinya untuk anak-anak," kata Jokowi di SDN Cideng, Jakarta, Rabu (15/12).

 Adapun, vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun akan dilakukan kepada 26,5 juta anak di seluruh Indonesia. Khusus Jakarta, ada 1,2 juta anak yang harus divaksin corona. "Saya sangat menghargai telah dimulainya vaksinasi untuk anak ini," katanya.

DKI Jakarta telah memulai pemberian vaksin kepada 10 ribu anak usia 6-11 tahun pada Selasa (14/12). Targetnya, ada 1,1 juta anak yang bisa mendapatkan suntikan vaksin baik di sekolah maupun lokasi lainnya. 

Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebagai informasi, kriteria daerah yang bisa melakukan vaksinasi kepada anak ini adalah telah mencapai cakupan 70% dosis pertama dan 60% vaksinasi lansia. Saat ini, penyuntikan vaksin untuk anak dilakukan serentak di 115 kabupaten dan kota di 19 provinsi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...