RI Umumkan Kasus Omicron Pertama, Seorang Petugas di RS Wisma Atlet

Image title
16 Desember 2021, 10:52
omicron, covid-19, corona
Pixabay
Ilustrasi varian Covid-19

Pemerintah resmi mengumumkan kasus Omicron pertama di Indonesia pada Rabu (15/12). Kasus tersebut ditemukan dari seorang pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet yang terinfeksi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan sampel diambil dari tim di Wisma Atlet pada 8 Desember. Sampel lalu dikirimkan ke Kemenkes untuk dilakukan Whole Genome Sequencing dan hasilnya ada satu orang yang terdeteksi Omicron.

“Ada tiga terkonfirmasi positif, satu orang positif Omicron,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12).

 Kasus tersebut juga tidak mengalami gejala seperti pilek dan batuk. Hasil tes PCR kedua petugas pembersih itu juga telah menunjukkan hasil negatif Covid-19. “Mereka telah menjalani tes kedua,” kata Budi.

Selain itu Budi mengatakan ada lima orang yang berstatus probable Omicron. Mereka terdiri dari dua WNI yang pulang dari AS serta tiga WN Cina yang tiba di Manado.

Saat ini WNI sudah diisolasi di Wisma Atlet, "Sedangkan WN Cina tersebut menjalani karantina di Manado," katanya.

Sebelumnya Jumlah tetangga Indonesia yang kebobolan Covid-19 varian Omicron bertambah banyak. Filipina telah mengumumkan adanya dua kasus varian impor tersebut pada Rabu (15/12).

Filipina menyusul Thailand telah mendeteksi kasus pertama varian virus corona Omicron pada Senin (6/12). Kasus tersebut ditemukan pada seorang warga negara Amerika Serikat (AS) yang melakukan perjalanan ke negara itu dari Spanyol akhir bulan lalu.

Sedangkan Malaysia mengumumkan adanya satu kasus mutasi tersebut pada Jumat (3/12). Kasus Omicron ditemukan pada mahasiswa asing yang menjalani karantina setelah tiba dari Afrika Selatan dua pekan lalu.

Mahasiswa tersebut tiba di Malaysia pada 19 November setelah transit di Singapura. Begitu pula Singapura yang mendeteksi dua kasus impor varian Omicron Covid-19 pada Kamis (2/12).  

Salah satunya merupakan penduduk tetap Singapura berusia 44 tahun. Ia tiba di dari Mozambik, di Afrika bagian selatan yang berbatasan dengan Afrika Selatan, dan sempat transit di Johannesburg.

Tak hanya di Asia Tenggara, tetangga RI di selatan yakni Australia juga telah mendeteksi enam kasus varian Omicron. Salah satunya merupakan seorang wanita berusia 30-an yang dinyatakan positif setelah tiba dari Afrika Selatan pada Sabtu (27/11).

Advertisement

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait