Luhut: Proyek Kawasan Industri Hijau Kaltara jadi Rezeki Boy Thohir

Ameidyo Daud Nasution
21 Desember 2021, 15:13
Luhut, Boy Thohir, Katara
Katadata
Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan

Pembangunan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara telah dimulai. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan proyek ini merupakan rezeki bagi bos Adaro Energy Garibaldi Thohir.

Ini lantaran pengusaha yang akrab dipanggil Boy Thohir itu ternyata pemilik lahan kawasan industri tersebut. Luhut bahkan mengaku awalnya tidak mengetahui jika tanah di wilayah itu dimiliki kakak Menteri BUMN Erick Thohir tersebut.

“Setelah kami tinjau, ternyata yang punya Boy Thohir. Tidak ada pilihan lain karena dari semua tanah di daerah ini, yang menarik di situ, rezekinya Pak Boy,” kata Luhut dalam sambutan acara groundbreaking proyek tersebut di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Selasa (21/12).

Luhut lalu mengatakan bahwa pembangunan kawasan industri hijau ini bukan hal yang mudah. Digagas pada 2015, kelanjutan proyek ini mangkrak hingga 2018.

Ia lalu mencari tahu apa masalah yang melanda. Ternyata, investor baru mau masuk jika Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), sebaliknya investor PLTA hanya mau membangun jika ada kepastian pembeli listrik. “Masalahnya seperti telur dan ayam,” kata Luhut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...