Jokowi: Kaltara Akan Punya Kawasan Industri Hijau Terbesar di Dunia

Ameidyo Daud Nasution
21 Desember 2021, 12:38
Jokowi, kaltara, industri hijau
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Selasa (21/12). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo meresmikan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Dalam sambutannya, Jokowi berharap KIPI akan menjadi kawasan industri hijau terbesar di dunia.

Ini lantaran kawasan tersebut saat ini akan menggunakan lahan seluas 16.400 hektare dan akan berkembang hingga 30 ribu hektare di masa depan. Bahkan Jokowi telah mengelilingi wilayah tersebut dengan pesawat pada dua tahun lalu.

“Akan menjadi kawasan industri hijau bukan saja terbesar di Indonesia, tapi dunia,” kata Jokowi dalam peresmian yang digelar di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Selasa (21/12).

Secara khusus, Jokowi mengaku senang dengan pembangunan KIPI. Hal ini lantaran kawasan tersebut akan mengembangkan produk dengan teknologi tinggi dan ramah lingkungan.

Beberapa produk yang akan muncul dari kawasan ini antara lain sodium ion, lithium ion, semiconductor, petrokimia, green aluminium, solar panel, hingga silicon untuk industri. Tak hanya itu, berbagai negara juga akan terlibat dalam pengembangan KIPI.

“Ini kerja sama besar antara investor Indonesia, Cina, dan Uni Emirat Arab, semua bergabung,” kata Presiden.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...