Penularan Lokal Omicron Terdeteksi, Wapres Larang Warga ke Luar Negeri

Ma’ruf mengistruksikan pemerintah daerah bersiap menghadapi transmisi lokal Omicron
Ameidyo Daud Nasution
28 Desember 2021, 15:21
omicron, ma'ruf amin, covid-19
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/ama.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjalan usai menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Wapres meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait jenazah pasien positif virus corona (COVID-19) yang meninggal dunia.

Pemerintah telah mengumumkan kasus pertama penularan lokal varian Omicron. Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah akan mengambil langkah pengetatan mobilitas demi mencegah penularan.

Hal tersebut juga telah dibahas dalam Sidang Kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Salah satunya, melarang warga pergi ke luar negeri untuk sementara.

“Yang dari luar negeri akan kami perketat, termasuk karantina,” kata Ma’ruf dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual di Jakarta, Selasa (28/12).

 

Advertisement

Selain itu protokol kesehatan seperti masker juga akan diperketat. Begitu pula vaksinasi dosis ketiga atau booster juga akan dikebut.

Tak hanya itu, penerapan aplikasi PeduliLindungi juga terus diperluas. Secara khusus, Ma’ruf mengistruksikan pemerintah daerah bersiap menghadapi transmisi lokal Omicron. “Karena kemarin (sudah ada) 46 (positif),” katanya.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan kasus pertama penularan lokal Covid-19 varian Omicron pada hari ini. Pasien tersebut adalah pria berusia 37 tahun, berasal dari Kota Medan dan sedang berada di Jakarta.

Pasien tersebut berasal dari Medan dan tiba di Jakarta pada 6 Desember. Tanggal 19 Desember ia menjalani tes dengan hasil positif Covid-19 dan pada 26 Desember dinyatakan tertular Omicron. Tak hanya itu, pasien tersebut sempat mengunjungi sebuah restoran yang berada di SCBD, Jakarta Selatan pada 17 Desember.

Saat ini pasien tersebut akan dibawa ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso.  Ini lantaran upaya minimalisir penularan perlu dilakukan pada kasus pertama Omicron lokal.

"Karena fasilitas RSPI jauh lebih baik daripada isolasi, sambil kami pelajari pola klinis dari Omicron yang tertular transmisi lokal," ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmidzi, Selasa (28/12).

Sedangkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah akan memperketat karantina bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang melakukan perjalanan dari luar negeri. Budi tak menjelaskan secara detail langkah pengetatan karantina yang akan diambil. Namun kebijakan tersebut akan menyulitkan pelaku perjalanan luar negeri dan berdampak pada sebagian masyarakat.

Menurut laporan Our World in Data, varian Omicron di Indonesia memiliki proporsi sebanyak 11,54% dari total kasus Covid-19 hingga 27 Desember 2021. Adapun proporsi varian tersebut di Botswana merupakan yang tertinggi di dunia yakni 98,91% kasus Covid-19.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait