Pasien Covid-19 RI Tambah 299, Kasus di Kepri Melonjak Lebih dari 100%

Provinsi DKI Jakarta menyumbang kasus harian terbanyak yakni 115 orang. Kepulauan Riau berada di posisi kedua yakni 51 pasien
Ameidyo Daud Nasution
4 Januari 2022, 17:13
covid-19, corona, virus corona
. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Petugas kesehatan menunggu pasien tes usap PCR di Jakarta, Senin (25/10/2021). Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan alasan pemerintah mewajibkan penumpang pesawat wajib swab test Polymerase Chain Reaction (PCR) COVID-19 karena perlu adanya penerapan metode testing dengan standar terbaik di tengah peningkatan kapasitas bahkan penuh di pesawat, namun tidak di transportasi lain

Kasus Covid-19 di Indonesia masih terus menunjukkan tren kenaikan usai libur Natal dan tahun baru. Pemerintah melaporkan pasien corona bertambah 299 pada Selasa (4/1) atau tertinggi sejak 27 November 2021 yakni 404 orang.

Provinsi DKI Jakarta masih menyumbang kasus harian terbanyak yakni 115 orang. Meski demikian tren kasus di ibu kota hari ini menurun dari 172 kemarin.

 

Sedangkan Kepulauan Riau berada di posisi kedua dengan 51 kasus Covid-19 hari ini. Angka ini melonjak lebih dari dua kali lipat yakni 20 kasus yang dilaporkan kemarin.

Advertisement

Kasus positif nasional hari ini didapatkan dari pemeriksaan terhadap 232.746 orang hari ini. Jumlah tersebut setara dengan rasio positif sebesar 0,13%.

Adapun angka kematian pasien corona hari ini bertambah tiga orang. Kasus kematian disumbang oleh Provinsi Jawa Tengah, Bali, dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan angka kesembuhan pasien corona hari ini juga naik 168 orang. DKI Jakarta menyumbangkan tambahan kasus pulih haria terbanyak yakni 42 orang.

Pemerintah juga melaporkan kasus aktif corona bertambah 128 menjadi 4.658 orang. Selain itu sebanyak 4.257 orang saat ini berstatus suspek Covid-19.

Indonesia saat ini juga tengah menghadapi masuknya Covid-19 varian Omicron. Berdasarkan data GISAID, RI telah melaporkan 164 kasus mutasi baru tersebut.

Adapun, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah sangat siap dalam menghadapi penyebaran Covid-19 varian Omicron. Kesiapan ini ditinjau dari sisi persediaan obat-obatan hingga rumah sakit.

"Kesiapan kami menghadapi Omicron, saya kira sudah sangat terkendali, tetapi tetap dengan hati-hati,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/1).

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait